Rasulullah SAW bersabda: “Sampaikanlah dariku walau satu ayat, dan ceritakanlah tentang Bani Israil tanpa perlu takut. Dan barangsiapa berbohong ke atasku dengan sengaja maka bersiaplah dia mengambil tempatnya di Neraka.” (Al-Bukhari)

Tips untuk membeli laptop baru


  1. Spesifikasi Laptop.
    Spesifikasi laptop terutama pada bahagian yang tidak terlihat merupakan panduan membeli laptop yang penting anda lakukan agar mengetahui isi dari sesebuah notebook. Spesifikasi yang perlu diperhatikan adalah :
    • Prosesor
    • Memori
    • Hardisk
    • Bateri
  2. Jumlah Wang.
    Dana atau budget untuk membeli laptop sangatlah penting. Dengan menyimpan sejumlah dana yang akan anda keluarkan, anda bisa menentukan model laptop yang akan dibeli. Menentukan berapa budget untuk membeli laptop merupakan 50% beban untuk membeli laptop telah terlaksana. Dua tips memilh laptop baru 2014 diatas ini pada dasarnya sudah memadai bagi anda untuk memulai mencari laptop terbaru idaman. Tapi akan lebih lengkap lagi bila anda meneruskan membaca hingga akhir artikel ini.

  3. Fungsi Laptop.
    Tentukan dahulu fungsi dari laptop yang akan anda beli. Apakah laptop akan digunakan untuk keperluan tertentu saja seperti bermain game, sekedar menaip, edit gambar, atau semua keperluan anda.
    • Pekerjaan / Tugas Sekolah : Apabila anda karyawan, bisnesman atau pelajar yang lebih banyak melakukan menulis atau edit teks, membuat jadual, anda memerlukan laptop yang tidak terlalu berat namun dengan ukuran yang sesuai. Laptop 14" merupakan ukuran yang sesuai.
    • Game : Laptop untuk game memiliki spek yang lebih tinggi dibandingkan laptop untuk sekedar edit teks. Prosesor i7, kad grafik yang kuat, serta memori yang besar merupakan syarat utama.
    • Kegiatan Kreatif : Edit foto, film, gambar, ilustrasi memerlukan laptop dengan spek ukuran layar yang besar, resolusi yang tinggi, serta prosesor yang tinggi.
  4. Ukuran Layar.
    Tentukan ukuran layar yang ingin anda gunakan. Petunjuk membeli laptop yang tidak dapat anda abaikan, akrena salah memilh ukuran akan membuat anda tidak nyamanketika menggunakannya.
    • 11" - 13": Apabila kegiatan anda banyak berpindah-pindah selama menggunakan laptop, layar yang kecil antara 11" - 13" merupakan pilihan yang tepat. laptop layar kecil memiliki bobot yang ringan dan tidak membaut anda cepat letih ketika menjinjingnya.
    • 13" - 14" : Ukuran layar yang nyaman untuk digunakan segala keperluan, esrta bobot yagn tidak terlalu berat pula.
    • 15" : Pilihan layar yang terbilang cocok untuk digunakan untuk bermain game, edit foto atau video dan juga tidak merepotkan ketika digunakan untuk edit teks. Hanya saja ukuran yang terlalu tanggung untuk semua keperluan diatas.
    • 17" : Laptop ukuran besar yang sering digunakan untuk bermain game dan edit foto, video, gambar sepeti kegiatan kreatif. Yang pasti tidak akan nyaman untuk dibawa berpindah-pindah tempat karena dimensinya yang besar dan bobot yang berat.
  5. Jarak Antara Tombol Keyboard. Menaip merupakan kegiatan utama ketika menggunakan laptop. Faktor design dari keyboard menentukan keselesaan anda ketika menaip diatasnya. Lihat seberapa besar ukuran jari anda dan juga seberapa jauh jarak antara tombol keyboard dari laptop yang akan anda beli. 
  6. Touchpad.
    Panduan memilih laptop yang seringkali diabaikan oleh pengguna. Laptop secara default tidak menggunakan mouse sebagai alat penggerak mouse, namun menggunakan touchpad. Design dan cara mengoperasikan touchpad pada setiap laptop adakalanya berbeza. Pilihlah touchpad yang selesa untuk anda gunakan.

  7. Masa Hidup Bateri.
    Laptop didesign untuk digunakan secara mobile ataupun berpindah randah. Namun menjadi masalah ketika sumber elektrik tidak mudah ditemukan disuatu tempat dan daya tahan bateri untuk supply power kepada laptop menjadi kekuatan utama. Saat ini sudah banyak laptop dengan daya tahan atau masa hidup bateri yang sangat panjang. 
  8. Sistem Operasi.
    Sistem operasi menentukan keselesaan ketika anda menggunakan laptop. Selain itu kecepatan sebuah laptop juga ditentukan oleh OS yang digunakan. Sesuaikan spesifikasi laptop dengan OS yang disarankan.
Tips untuk membeli laptop baru Tips untuk membeli laptop baru Reviewed by Unknown on 12:45 AM Rating: 5

No comments: